Langsung ke konten utama

Activist of Education

Hello good people!! :)

Kali ini aku mau sharing tentang pengalaman yang telah aku dapat dari organisasi yang sedang aku geluti akhir-akhir ini yaitu ACTION.

Sebelumnya, tahukah kalian apa itu ACTION??
Yups! kalau diterjemahkan ke bahasa indonesia, action itu berarti tindakan.
Tapi, action yang aku maksud disini adalah tentang sebuah organisasi yang berada di kampusku tepatnya UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).

Actors dan Teacher ACTION Wilayah Candi
Jadi, ACTION (Activist of Education) merupakan gerakan mahasiswa mengajar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam bidang pendidikan. Lalu, anggota ACTION ini dibagi menjadi dua, yaitu Actors dan Teacher. Actors merupakan pengurus organisasi yang kedudukannya lebih tinggi satu tingkat dari Teacher dan Actors ini memiliki tanggung jawab untuk memajukan dan melancarkan program maupun kegiatan yang ada di Action. Sedangkan, Teacher merupakan pendidik atau pengajar yang diterjunkan langsung pada wilayah-wilayah tertentu sebagai bukti pengabdian mereka dalam mengajar dan mendidik atau memberikan ilmu yang mereka punya terhadap anak-anak yang mengikuti pembelajaran di dalam naungan Action.

Aku sendiri sudah merasakan bagaimana rasanya jadi Teacher dan kebetulan aku juga tergabung di Action wilayah Candi. Nah.. wilayah yang terdapat pada Action ini juga dibagi menjadi empat tempat, yaitu wilayah Candi, Porong, Sekardangan, dan Buduran.

Sampai saat ini hanya itu aja yang aku tau, entahlah mungkin insyaAllah akan ditambah wilayah lagi kedepannya. :D

So, back to the topic~




Saat aku mengajar di wilayah Candi, aku punya beberapa pengalaman yang unik dan agak lucu. Mungkin bagi kalian biasa aja tapi kalau menurutku sih ini adalah pengalaman mengesankan yang aku dapat selama mengajar disini.

Pertama, yang masih aku ingat sampai saat ini yaitu ada beberapa anak yang ngasih aku surat dengan tulisan tangan mereka yang lucu dan kata-kata yang mereka buat sampai membuatku terharu hihih. Aku lupa siapa aja yang udah ngasih surat itu ke aku tapi yang pasti aku tetap ingat dengan kata-kata yang mereka rangkai untukku bahkan terkadang ada yang memberiku makanan ringan saat pembelajaran berakhir. Kalau ditanya gimana rasanya ya pasti seneng banget lah yaa tapi disisi lain aku juga terharu dengan apa yang mereka lakukan ke aku. Hmm saranghae adik-adik :')

Kedua, aku jadi tau gimana rasanya mengajar anak SD karena jujur aku sebenernya gak ada minat sama sekali untuk ngajar anak kecil. Terlebih lagi karena jurusan yang aku ambil itu Pendidikan Bahasa Inggris dan notabennya kita diarahkan untuk mengajar anak SMP dan SMA. Jadi aku gak kepikiran bisa ngajar anak-anak kecil selucu mereka *wkwk
Emang sih kadang agak susah buat mengatur dan mengarahkan mereka, tapi disitulah aku bisa belajar untuk bersabar menghadapi sifat-sifat mereka yang berbeda antara satu sama lain. Sepertinya gak perlu aku bahas secara detail tentang perbedaan karakteristik mereka karena aku yakin pasti beberapa dari kalian udah bisa menebak itu..

Ketiga, banyak banget manfaat yang bisa aku ambil melalui organisasi ini karena diluar pembelajaran dalam setiap wilayah, biasanya Action selalu mengadakan acara yang bersifat edukasi seperti lomba cerdas cermat, dll. Terus juga di bulan April tahun ini, Action mengadakan "Action Fair" yang diikuti oleh seluruh Actors dan Teacher beserta anak-anak dari setiap wilayah untuk hadir dalam acara ini.

Hmm.. sepertinya cuma itu aja yang bisa aku share ke kalian. Sebenernya masih banyak pengalaman yang aku dapat melalui Action ini tapi disini aku cuma bisa nulis sebagian pengalaman yang aku dapat dan alhamdulillah semuanya menyenangkan bagiku.

Pesan aku sih semoga semakin tinggi minat mahasiswa yang mau bergabung dalam organisasi ini terutama untuk kalian yang termasuk dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk melatih dan menambah pengalaman dalam proses mengajar.

"Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." (Nelson Mandela)
The last I say,

Thank you for reading and I hope it can be useful for you.

And see you

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES

Proses.. Setiap individu pasti mengalami proses.. Apapun bentuknya,  Bagaimanapun rintangan yang dihadapinya, Pasti akan terlalui.. Entah apakah akan berujung indah.. Atau malah berujung menjadi rasa kecewa.. Tak ada yang tau.. Manusia hanya berdoa, berusaha, dan melalui.. Karena hanya Allah sang maha mengetahui.. Tapi, yakinlah.. Yakinlah pada dirimu sendiri.. Tanamkan niat dan ketulusan dalam prosesmu.. Jika semuanya telah kau lalui.. Petiklah apa yang sudah kau tanam. (Alda, 2019)

Bye Dull Skin and Welcome My Brighter Skin!!

Terlalu banyak kegiatan dalam organisasi di kampus dan beberapa tugas yang menumpuk membuat aku jadi kebingungan sendiri untuk mengatur waktu. Sampai wajahku pun udah jarang banget aku rawat karena emang bener-bener gak ada waktu luang untuk me time . Bahkan untuk maskeran 15 menit aja aku gak bisa. Akhirnya wajahku pun jadi gak terawat, kusam, berminyak, dan jerawat mulai muncul satu persatu. Tapi semenjak tim dari yuk cobain memberiku kesempatan untuk mencoba produk “Garnier Light Complete Bright Up Tone Up Cream”, semua masalah yang ada diwajahku mulai memudar.  Klaim dari produk ini menyatakan bahwa Garnier terinspirasi dari Tone Up yang sedang popular di Korea dengan efek make-up yang mencerahkan. Diperkaya dengan 10x Vitamin C**, Ekstrak Soy Yoghurt Bifidus dan UV Filters dapat membuat wajah menjadi tampak cerah dan bercahaya, mengurangi kekusaman dan warna kulit yang tidak merata, menyamarkan noda, bekas jerawat dan lingkaran hitam, membuat kulit menjadi terasa halus